Pages

Rabu, 14 April 2010

Panduan Memilih Suzuki Baleno Bekas (1996-2002)



Panduan Memilih Suzuki Baleno Bekas (1996-2002),
Teliti Di Kaki-Kaki

OTOMOTIFNET - Secara garis besar, perbedaan Baleno sepanjang tahun 1996 hingga 2002 ada pada penggunaan sumber tenaga. Yang beredar duluan berkapasitas 1.600 cc dengan mesin berkode G16A. Dilanjutkan dengan model pembaharunya yang kapasitasnya menyesuaikan menjadi 1.500 cc dengan kode mesin G15A.

“Urusan mesin, saya jarang dapat keluhan,” papar Ronny Gunawan, service manager Suzuki Cempaka Putih, Jakpus. Lebih lanjut mekanik senior ini mengingatkan sektor kaki-kaki yang harus diteliti sebelum membeli.

Salah satunya dapat dideteksi pada roda depan yang kerap menghasilkan suara gemuruh kala menikung. Penyebabnya ada pada as roda depan yang sudah berumur. Cara mengujinya, dengarkan saksama pada bagian tersebut saat menjalankan mobil sembari membelokkan setir.

Masih seputar kaki-kaki, bunyi gemuruh lain dihasilkan oleh steering rod yang fungsi-nya sudah tidak maksimal akibat usia pemakaian. Cukup jalankan mobil di jalanan yang rusak, maka sumber penyakit akan diketahui dari bunyi gemuruh tersebut, disertai getaran pada kemudi.

Beralih ke ruang mesin, banyak kejadian mesin mati mendadak yang diakibatkan fuel pump yang sudah tidak optimal memasok aliran bensin. Agak sulit untuk mendeteksi, karena tingkat malfungsi komponen ini berbeda di tiap mobil, sesuai usia pemakaian.


Penulis/Foto: Anto / Anto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar