Pages

Rabu, 14 April 2010







Test Drive Mobil Baru
Test Drive Suzuki Splash GL

OTOMOTIFNET - Pendatang baru dari Suzuki ini cukup unik. Bermain di kelas sepi, dengan mengandalkan mesin 1.200 cc dengan dimensi mungil. Jika dibandingkan rekan semerek, Splash lebih besar dari Karimun Estilo tetapi belum segede Swift.

Memang, ia bermain di tengah dua tunggangan itu, seperti harga jualnya Rp 145 juta (on the road, Jakarta) yang dilansir PT Suzuki Indomobil Sales, selaku ATPMnya. Eits, desainnya gaya Eropa cuy!

ERGONOMIS

Lihatlah bentuk luarnya, masih mungil-mungil juga kaan? Tetapi, enggak seperti Karimun Estilo sih, kecilnya. Desainnya jika dilihat secara seksama mirip rancangan mobil Eropa, meski pabriknya sih berada di India, yaitu dibuat oleh Maruti Suzuki. Coba lihat bagian buritan, tren lampu dan lekukan bodinya seperti mobil asal Prancis atau Italia.

Masuk yuuk..., hmm ternyata kabinnya tak sekecil yang dikira. Ruang kaki cukup luas di depan, begitu pun samping kiri dan kanan, disiasati dengan mendekatkan kedua jok depan, sehingga konsol tengahnya tak lebar, tetapi trim pintu bisa mempunyai saku yang mampu menampung botol.

Tetapi di belakang, meski ruang kepala lega, ruang kaki tak terlalu luas, untungnya sandaran bangku cukup rebah, sehingga masih memberikan kenyamanan.
Dengan sandaran bangku tegak, masih ada ruang cukup luas untuk barang. Meski, ketika sandaran jok yang terbagi 60:40 itu dilipat, masih belum bisa memberikan dek yang rata untuk tempat barang.

Mesin baru Suzuki, K12M memuntahkan daya cukup untuk Splash, tiap percepatan mampu membuat tunggangan berbobot 1,4 ton itu melaju cepat. Manuver lincah pun bisa didapat, bahkan hingga kecepatan di atas 100 km/jam, Splash masih bisa diandalkan akselerasinya. Hanya percepatannya alias akselerasinya sudah tak terlalu cepat.

Kapasitas mesin 1.200 cc ini cukup ekonomis di lalu lintas perkotaan yang padat. Konsumsi rata-rata 13 kilometer per liter bensin membuatnya cukup jarang mampir ke stasiun pengisian bahan bakar.

Perkotaan memang jadi tujuan utama penggunaannya, dengan dimensi serta radius putar yang kecil, parkir di ruang sempit dan rapat jadi semudah memutar kemudi yang dilengkapi power steering.

Apalagi, pandangan ke depan dan belakang cukup luas dan memudahkan pengemudinya melihat sekeliling.

Tampaknya pilihan mini MPV baru ini cukup diperhitungkan bagi keluarga kecil dan anak muda yang ingin eksis serta mendambakan tunggangan berpenampilan dinamis.

Hasil Tes

Akselerasi

0-100 km/jam 12,2 detik
40-80 km/jam 5,7 detik
0-402 m 18,4 detik
Pengereman
100-0 km/jam 45 m
konsumsi bahan bakar (liter/km)
dalam kota 1/13
Konstan 100 km/jam 1/19
Luar kota 1/15,6


Penulis/Foto: Tim Otomotif / Reza

Tidak ada komentar:

Posting Komentar